Banner Tiket Club

Sabtu, 22 September 2012

Pulau Helgoland dari Dekat



Pulau Helgoland adalah pulau kecil dengan luas sekitar 1 km persegi terletak di Samudra Atlantik yang masuk ke wilayah Jerman. Luasnya hanya 1,7 km2 dan jumlah penduduknya 1.131 orang. Terletak sekitar 46 km dari daratan Jerman.

Dari kota Hamburg saya naik kereta beberapa jam sampai kota Büsum, dari kota Busum ini naik kapal ferry Lady von Büsum sampai pulau Helgoland. 




Saung tempat melihat pemandangan laut kota Busum

Sekitar jam 930 naik ferry. Penumpangnnya nggak penuh. Langit mendung. Mula-mula gelombang nggak terlalu besar, tapi makin ke tengah makin besar gelombangnya. Karena minum obat anti mabok saya  ketiduran. 

Tempat naik kapal ferry




Kurang lebih jam 12 pulau Helgoland sudah kelihatan. Karena ferry tidak bisa merapat, penumpang diturunkan di lepas pantai disambung dengan perahu kecil. Asyik juga bisa menikmati gelombang laut Atlantik. Setelah sampai di pantai lalu pergi ke AWI (Alfred Wegener Institute), lembaga penelitian kelautan. 
Di sana dijelaskan tentang lobster dan kepiting. Setelah itu saya lihat-lihat toko yang jual minyak wangi barangkali ada yang murah, tapi ternyata harganya mahal-mahal. Meskipun di pulau ini tax free, tapi harga dirasa masih mahal, saya mengurungkan niat untuk beli minyak wangi. Akhirnya hanya beli postcard 2 lembar. 

Sebenarnya di pulau ini tidak ada tempat yang istimewa. Memang ada pantai yang bisa untuk berenang bila musim panas.

Lalu jam 330 kembali lagi ke tempat naik ferry. Dan lagi-lagi perjalanan panjang kembali ke Büsum. Setelah sampai di Büsum langsung mengejar kereta ke Hamburg.