Banner Tiket Club

Rabu, 31 Oktober 2012

Kelilih Kota Brussel 1 Hari (Bagian 1)


Patung Mennaken Pis
Bis Eurolines telah sampai di Nord station Brussel. Saya langsung menuju tempat naik kereta. Pertama yang saya lakukan setelah sampai di Brussel adalah mencari kereta ke Grand Place. Setelah mencari-cari, akhirnya ketemu tempat pembelian karcis otomatis dan saya beli karcis untuk satu hari seharga €4. Lalu saya mencari Metro (kereta bawah tanah) dan ternyata yang ada hanya trem. Akhirnya saya mencoba naik trem ke stasiun Bourse. Tremnya mirip dengan di Amsterdam. 

Di Bourse karena masih pagi, saya coba untuk melihat ke grand place dengan berjalan kali karena tidak jauh dari stasiun. Jalan masih sepi, halaman Grand Place sedang dibersihkan dari sampah oleh petugas kebersihan. Saya coba juga melihat rute ke Mennaken Pis, patung anak kecil yang sedang pipis, dan ketemu. Terus jalan lagi kembali lagi ke stasiun. Di stasiun saya mencari toilet tapi masih ditutup. Setelah beberapa menit menunggu di stasiun saya mencoba pergi ke Central stasiun. Barangkali di central stasiun pertokoan sudah buka dan bisa melihat-lihat informasi. Ternyata central stasiunnya tidak terlalu besar.

Dari central stasiun saya ke stasiun Schuman untuk melihat gedung European Commission dan melihat museum, karena menurut peta, tidak terlalu jauh dari gedung European Commission ada museum yang cukup besar. Jalan ke museum cukup jauh juga. Di depan museum tsb halamannya cukup luas dan asri. Sambil istirahat dan makan roti saya duduk di kursi taman. Ternyata museumnya masih tutup karena masih jam 9.30 dan buka jam 10.
Lalu dari sana saya ke Atomium ( bangunan yang berbentuk molekul) naik jalur 1A. 

Atomium
Di Atomium sudah hampir jam 10 dan sudah ada orang-orang yang mau masuk ke tempat itu. Saya coba untuk melihat berapa tarif masuknya, dan ternyata harga karcis masuknya €9. Tetapi karena beli karcisnya harus antri dan untuk masuknya juga harus nunggu antrian panjang, saya pikir ini pemborosan waktu, akhirnya tidak jadi beli karcis. Saya hanya mengambil foto dari luar. Waktu  ngambil foto saya ketemu wisatawan dari Indonesia dengan keluarganya. Saya minfa difotokan oleh mereka.

Dari Atomium saya menuju Mini Europe yang terletak di samping Atomium. Karena ingin tahu saya memaksakan beli tiket masuk padahal tarifnya cukup mahal €12. Di dalamnya bisa melihat lihat miniatur bangunan bangunan terkenal yang ada di beberapa anggota Uni Eropa. Waktu masuk ke dalam langsung dicegat oleh tukang foto dan disuruh untuk berfose ria, dan jepret-jepret …. bidikan foto diarahkan ke saya. Kata tukang fotonya tidak ada kewajiban untuk membeli fotonya. 

Nah,bagiamana kisah selanjutnya ikuti Keliling Kota Brussel bagian 2